Entri Populer

Kamis, 31 Januari 2013

DIMENSI BUDAYA PERILAKU ORGANISASI

DIMENSI BUDAYA PERILAKU ORGANISASI
Organisasi adalah unit sosial, terdiri dari sekelompok orang yang berinteraksi untuk mencapai rasionalitas tertentu. Sebagai anti sosial, organisasi terdiri dari orang-orang dengan latar belakang sosial ekonomi, budaya, dan motivasi yang berbeda. Pertemuan budaya dan
motivasi orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda mempengaruhi perilaku individual dan menimbulkan problem dalam proses keorganisasian kerena menyebabkan terjadinya benturan nilainilai individual yang dapat menjadi faktor pengganggu dalam upaya
mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu setiap organisasi perlu menciptakan nilai-nilai yang dianut bersama untuk membangun system keorganisasian guna menyeragamkan pemikiran dan tindakan serta mengubah perilaku individual ke perilaku organisasional.
Ada 3 faktor yang secara langsung mempengaruhi budaya perilaku individu menurut Winardi ( 1992 : 36 ) :
1.      Individual
Perilaku organisasi dalam tingkatan individu adalah :
a.         Organisasi merupakan kumpulan individu.
b.         Setiap individu memiliki kebutuhan, minat, persepsi, sikap, nilai, kepribadian, dan berbagai hal lain yang berbeda.
c.         Perbedaan ditingkat individu mempengaruhi organisasi
2.      Psikologikal
3.      Keorganisasian                                                                                                          Perilaku organisasional dalam tingkatan organisasi
         Organisasi bukanlah penjumlahan dari perilaku individu dan kelompok.
         Sama seperti kelompok, organisasi juga memiliki norma, budaya, dan hal lain yang tersendiri dan membentuk pola perilaku organisasi.
Hal ini berarti perilaku individu harus diarahkan menuju kepentingan organisasi guna mencapai tujuan organisasi sehingga dalam perkembangan selanjutnya perilaku kelompok berkembang menjadi perilaku organisasi.
Dalam suatu organisasi faktor keorganisasian akan membentuk budaya perilkau pada diri individu. Walaupun mereka mempunyai perilaku individu, namun didalam organisasi mereka menyesuaikan diri dengan norma / peraturan yang berlaku dalam organisasi tersebut.
Ada 3 faktor yang dapat membentuk budaya perilaku organisasi yang antara lain :
1.      Iklim Organisasi
Ada 2 ahli diantara sekian banyak ahli yang mengeluarka pendapatnya tentang iklim organisasi. Diantaranya :
1)      Menurut Davis ( 1962 )
Berpendapat bahwa Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki iklim yang didukung oleh kepribadian karyawan yang baik dan persepsi mereka terhadap prosedur organisasi.
2)      Menurut Liliweri ( 1997 )
Berpendapat bahwa Iklim organisasi memiliki beberapa sub variabel yang antara lain :
a.       Praktek pengawasan
b.      Kohesi Kelompok
c.       Variasi Filosofi Manajer
d.      Pribadi anggota/karyawan yang saling melengkapi



2.      Efektifitas Organisasi
Ada juga beberapa ahli mengeluarkan pendapatnya tentang efektifitas organisasi, diantaranya :
a.         Menurut Etzioni ( 1961 )
Efektifitas organisasi adalah kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
b.         Menurut Liliweri ( 1997 )
Mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang menentukan organisasi berjalan efektif antara lain :
1.        Struktur kekuasaan
2.        Pola hubungan kekuasaan
3.        Cara Pengawasan
4.        Semangat Pengurus/anggota/karyawan
5.        Produktifitas organisasi (etzioni )
3.      Tujuan Organisasi
Organisasi ara social units oriented toward the pursuit of spesific goal adalah pendapat dari Etzioni ( 1969 : 155 ) tentang Tujuan Organisasi.
Lain halnya dengan Gross ( Liliweri, 1997 ) Berpendapat bahwa konsep utama studi tentang organisasi dapat digambarkan sebagai sebuah cita dan harapan yang menyeluruh yang juga menjadi pusat organisasi ( pikiran / gagasan, sikap, dan tindakan / aktifitas ) yang dirahkan ubtuk mencapai tujuannya.
Tujuan Organisasi adalah arah atau sesuatu yang ingin dicapai / dipengaruhi yang menjadi sebab dilaksanakannya suatu keinginan.


Ada 3 tujuan organisasi adalah :
1.      Pelayanan ( service )
2.      Keuntungan ( Profit )
3.      Tujuan sosial tindakan

Ada beberapa faktor dari tujuan organisasi antara lain :
1.         Sifat tujuan jangka panjang dan jangka pendek
2.         Tujuan individu
3.         Tujuan hubungan antar pribadi
4.         Tujuan sistem produksi.
Demikianlah ringkasan materi yang kami buat, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi diri saya sendiri dan teman-teman serta para pembaca.  Amien

1 komentar: