KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM SEKOLAH
A. PENGERTIAN
KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah
suatu konsep yang sangat dekat dengan kesuksesan
dalammencapai tujuan suatu organisasi. Kepemimpinan akan
sangat mewarnai, mempengaruhi bahkan menentukan bagaimana perjalanan
suatu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya.
B. Pengertian Kepemimpinan
Visioner Seth Kahan (2002)
Menjelaskan
bahwa kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan,
kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan
kesuksesan dankejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu
mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul,
mengelola masa depan dan mendorong orang lain utuk
berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti,
pemimpin yang visioner mampu melihat tantangan dan
peluang sebelum keduanya terjadi sambil kemudian
memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya.
C. KARAKTERISTIK
PEMIMPIN VISIONER
Kepemimpinan visioner
memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala sikap dan
perilakunya yang menunjukkan kepemimpinannya yang
berorientasi kepada pencapaian visi, jauh memandang ke
depan dan terbiasa menghadapi segala tantangan dan resiko.
Diantaracirri-ciri utama kepemimpinan visioner adalah:
1) Berwawasan ke masa
depan, bertindak sebagai motivator, berorientasi pada the best performance
untuk pemberdayaan, kesanggupan untuk memberikan arahan konkrit yang sistematis
2) Berani bertindak
dalam meraih tujuan, penuh percaya diri, tidak peragu dan selalu siap
menghadapi resiko. Naskah Pidato Pengarahan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara di depan jajaran aparatur negara propinsi Nusa Tenggara Barat, 5 Maret
20043. Mampu menggalang orang lain untuk kerja keras dan kerjasama dalam
menggapai tujuan, dll
3) Mampu merumuskan visi
yang jelas, inspirasional dan menggugah, mengelola ‘mimpi’ menjadi kenyataan,
mengajak orang lain untuk berubah, bergerak ke ‘new place.
D. KEPEMIMPINAN VISIONER
DALAM SEKOLAH
Secara sederhana
kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai seseorang
tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu
sekolah dimana diselenggarakan proses belajarmengajar, atau tempat di mana
terjadinya interaksi antara guru yang memberi
pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Kepala sekolah
dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagipara staf dan para
siswa. “Kepala sekolah adalah mereka yangbanyak mengetahui tugas-tugas mereka
dan mereka yangmenentukan irama bagi sekolah mereka”
E. Lembaga sekolah
memerlukan pemimpin (kepala sekolah) yang visioner, yaitu kepala
sekolah yang berorientasi pada upaya pencapaian visi yang telah ditetapkan
dengan mengajak seluruh pihak untuk secara efektif menggapainya melalui
berbagai program dan kegiatan yang produktif. Pentingnya peranan kepala sekolah
dalam menggerakkan kehidupan sekolah guna mecapai tujuan. Studi keberhasilan
kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah seseorang yang
menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah. Kepala sekolah yang berhasil adalah
kepala sekolah yang memahami keberadaan sekolah sebagai organisasikompleks yang
unik, serta mampu melaksanakan perannya dalam memimpin sekolah.
F. Kualitas Kepala
Sekolah yang visioner Peran utama yang harus diemban oleh kepala
sekolah yang membedakannya dari jabatan-jabatan
kepala lainnya adalah peran sebagai pemimpin pendidikan.
Kepala sekolah harus tahu persis apa yang ingin dicapainya (visi) dan
bagaimana mencapainya (misi).Kepala sekolah yang visioner sangat memahami
betapa
pentingnyamengajak semua pihak terkait dalam .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar